Manfaat dan Tantangan E-Commerce
Manfaat E-Commerce
- Manfaat bagi perusahaan :Jangkauan global
- Penambahan jam buka : 24/7/365
- Pengurangan biaya operasi
- Kustomisasi dan personalisasi
- Inovasi model bisnis
- Kecepatan time-to-market
- Rantai pasokan dinamis
- Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
- Efisiensi pengadaan
- Meningkatkan hubungan dengan konsumen
- Informasi yang up-to-date
- Tidak harus membayar pajak / biaya usaha fisik
- Dsb.
Manfaat lain E-Commerce bagi Perusahaan :
1.Dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah besar dalam hitungan global
2.Biaya iklan lebih murah daripada media iklan TV,koran atau Radio dengan tampilan bisa update terbaru dengan biaya minimal
3.Dapat memanfaatkan media social untuk komunikasi dengan pemasok,pabrik,penyalur dan pelanggan secara online
4.Tingkat pemasaran dapat dikembanagkan sesuai dengan keinginan pembeli
Manfaat bagi konsumen:
- “Dimana saja – kapan saja”
- Lebih banyak pilihan produk dan jasa
- Harga lebih murah
- Pengiriman/pe- nyampaian segera
- Ketersediaan informasi
- Kesempatan berpartisipasi
- Wahana komunitas elektronik
- Personalisasi, sesuai selera
- Tidak dikenai pajak penjualan
Manfaat lain E-Commerce bagi Konsumen :
1.Memudahkan belanja dalam waktu kapanpun
2.Dapat memilih berbagia produk dari beberapa vendor dan bisa membandingkan yang terbaik
3.Konsumen dapat berpartisipasi dalam pelelangan maya(virtual auction)
4.Konsumen dapat berinteraksi dengan Konsumen lain di electronic community
5.Dengan e- commerce memudahkan persainagan yang akan mengahasilkan diskon secara substansial
Manfaat bagi masyarakat:
-Memungkinkan telecommuting
-Peningkatan kualitas hidup
-Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
-Kemudahan mendapatkan layanan umum
Manfaat lain E-Commerce bagi masyarakat :
1.Memungkinkan masyarakat bekerja didalam rumah, mengurangi kepadatan lalulintas
2.Memungkinkan sejumlah barang dijual dengan harga lebih rendah
3.Memudahkan masyarakat pedesaan untuk medapatkan aneka produk dan jasa yang susah didapatkan di daerah setempat
4.Dapat memfasilitasi layanan publik dan pemerataan layanan sosial
1.Memudahkan belanja dalam waktu kapanpun
2.Dapat memilih berbagia produk dari beberapa vendor dan bisa membandingkan yang terbaik
3.Konsumen dapat berpartisipasi dalam pelelangan maya(virtual auction)
4.Konsumen dapat berinteraksi dengan Konsumen lain di electronic community
5.Dengan e- commerce memudahkan persainagan yang akan mengahasilkan diskon secara substansial
Manfaat bagi masyarakat:
-Memungkinkan telecommuting
-Peningkatan kualitas hidup
-Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
-Kemudahan mendapatkan layanan umum
Manfaat lain E-Commerce bagi masyarakat :
1.Memungkinkan masyarakat bekerja didalam rumah, mengurangi kepadatan lalulintas
2.Memungkinkan sejumlah barang dijual dengan harga lebih rendah
3.Memudahkan masyarakat pedesaan untuk medapatkan aneka produk dan jasa yang susah didapatkan di daerah setempat
4.Dapat memfasilitasi layanan publik dan pemerataan layanan sosial
Tantangan E-Commerce
- Keamanan
- Kepercayaan dan resiko konsumen
- Keterbatasan SDM
- Model bisnis
- Budaya
- Otentikasi user dan belum tersedianya public key infrastructure
- Masalah organisasi
- Penipuan
- Akses Internet yang lambat
- Permasalahan hukum/legalitas
- Membutuhkan Infrastructure teknologi meliputi akses internet dan interfacenya yang menggunakan web browser belum mecakup semua daerah
- .E-commerce tidak hanya sebuah portal belanja akan tetapi sebagai konsep sebuah pasar yang memberikan informasi produk baru atau review dan konsultasi produk
- .Dibutuhkan pelayanan yang responsif cepat dan ramah baik manual maupun virtual
- Keamanan dalam proses pembayaran
- .Banyaknya toko online lain yang berjamur namun rentan keamanannya sehingga meragukan konsumen
- Proses Pengiriman yang membutuhkan waktu
- .Banyak toko online sebagai persaingan dengan harga kompetitif dan banyak memberikan diskon,bonus dan penawaran istimewa
- Praktek perkenaan pajak dalam perdagangan elektroniks belum sesuai dengan Undang Undang
- Kecelakaan/Kegagalan Sistem.
- Akuntabilitas yang Tidak Efektif.
- Aktivitas yang Menyimpang.
- Kecurangan (Fraud).
- Penyusup. (Hacker, Whitehat hacker, Craker, Script Kiddy)
- Virus.
- Cyberterrorism/Cyber-Crime.
Pengawasan atas risiko internet dan e-business ini diatasi dengan cara:
- Mengamankan informasi e-business dengan enkripsi
- Mengamankan pembayaran elektronik
- Mengamankan web server
- Ketersediaan dan keandalan sistem
Komentar
Posting Komentar