Langsung ke konten utama

klasifikasi model bisnis E-commerce



Klasifikasi Model Bisnis E-Commerce

Model Bisnis E-Commerce :

•Business-to-Employees (B2E)

    Model E-Commerce dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu        karyawannya.

•e-Government
     Model E-Commerce dimana organisasi pemerintah membeli atau menyediakan produk, jasa, atau        informasi bagi perusahaan atau individu warga negara.

•Collaborative Commerce
     Model E-Commerce dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi        secara online.

•e-Learning
     Penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan.

•Exchange (e-Exchange)
     Bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual.

•Exchange-to-Exchange (E2E)
     Model E-Commerce dimana beberapa E-exchange berhubungan satu sama lain untuk pertukaran        informasi.

Model Bisnis E-Commerce dalam Marketing :
ØModel Bisnis Affiliasi
dimana kita menjual produk orang lain,komisi berkisar antara 4%-60 %

ØModel Bisnis Reseller
untuk bisa bergabung harus salah satu membeli produk,baru setelah itu bisa memasarkannya,hasil bisnis ini sebesar 20%-50%
ØModel Bisnis Pribadi
Menjual produk hasil karya kita sendiri, keuntungan bisa hingga 80%

ØModel Bisnis Publisher
dimana tidak menjual barang atau jasa, namun sebuah situs yang unik dan dicari banyak orang,lalu didaftarkan kesebuah perushaan periklanan/adversiting online

Model Pemasaran di Internet


  • Viral Marketing 
Iklan yang meyertakan baris yang mendorong penerima pesan untuk meneruskan pesan ke orang lain. Contoh situs :www.amazon.com
  • Permission Email
izin email berbasis email yang dikirimkan ke penerima. Contoh: www.rumahbeasiswa.com

  • A Friedly Search Engine Web
Search yang memungkinkan pengguna untuk mencari dokumen-dokumen di World Wide Web. Contoh : www.google.com, www.lycos.com

  • Mailing List dan Newsgroup
milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/ kepentingan yang sama.

  • Program Affiliate
program yang memberi peluang kepada pengguna internet untuk menjadi agen pemasaran bagi produk. Contoh: www.tokobagus.com

  • Iklan online
promosi jasa/produk melalui internet. Contoh: www.iklanbaris.com

  • Relasi Media
melakukan hubungan baik dengan media massa sebagai media publikasi

  • Web Ring
kumpulan situs-situs terkait dalam struktur melingkar, terorganisir dengan suatu tema. Contoh: www.ringsurf.com Analisis Web Traffic

Jumlah pengunjung di internet. Contoh: www.internetseer.com
a. Dynamite Link
menyediakan link yang relevan kedalam situs kita.

a.Meta Index
daftar sumber daya internet untuk orang-orang tertentu untuk suatu kepentingan. Contoh: www.google.com

a.Cybermall
pusat perbelanjaan di internet yang terkenal di dunia bisnis,bisa berisi berbagai kategori yang diminati. Contoh: www.jogjacybermall.com

Cybermall terbagi atas :
ØSpesifik Geografi
ØSpesifik Industri
ØSpesifik Produk/Jasa
ØSpesifik Demografi

a.Publikasi Media
publikasi yang di media online maupun visual, dan cetak. Contoh: www.multiply.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian E-commerce

pengertian E-commerce Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet. Menurut David Baum yang dikutip oleh Ono W.Purbo, E-Commerce adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Konsep E-Commerce E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep dasar : 1. Automation Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”) 2. Streamlining / Integration Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”). 3. Publishing Kemudahan berkomuni...

mekanisme pasar E-commerce

Mekanisme Pasar E-Commerce E-MARKETPLACE 1.Pengertian E-Marketplace 2.Pertimbangan bergabung kedalam E-Marketplace E-marketplace : Suatu lokasi di Internet, di mana suatu perusahaan dapat memperoleh atau memberikan informasi, mulai transaksi pekerjaan, atau bekerja sama dalam pekerjaan apapun Komponen E-Marketspace : -Consumer (Konsumen) -Seller (Penjual)-lBarang (Berupa Fisik atau Digital) -Front-End -Mitra Bisnis (Intermediaries) -Dukungan Pelayanan (Support Services) -Infrastruktur - Back End Fungsi Utama Pemasaran  : 1.Mempertemukan para pembeli (konsumen) dan para penjual (pelaku bisnis) 2. Memudahkan pertukaran informasi, barang-barang, jasa, dan pembayaran dihubungkan dengan transaksi pasar 3. Menyediakan suatu infrastruktur kelembagaan Supply Chain Supply Chain Merupakan suatu aliran barang, informasi, uang, dan jasa dari melalui para penyalur pabrik-pabrik dan gudang sampai kepada pelanggan akhir. Termasuk juga organisasi dan pemroses yang menciptakan dan mengir...