Klasifikasi Model Bisnis E-Commerce
Model Bisnis E-Commerce :
•Business-to-Employees (B2E)
Model E-Commerce dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu karyawannya.
•e-Government
Model E-Commerce dimana organisasi pemerintah membeli atau menyediakan produk, jasa, atau informasi bagi perusahaan atau individu warga negara.
•Collaborative Commerce
Model E-Commerce dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi secara online.
•e-Learning
Penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan.
•Exchange (e-Exchange)
Bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual.
•Exchange-to-Exchange (E2E)
Model E-Commerce dimana beberapa E-exchange berhubungan satu sama lain untuk pertukaran informasi.
Model Bisnis E-Commerce dalam Marketing :
ØModel Bisnis Affiliasi
dimana kita menjual produk orang lain,komisi berkisar antara 4%-60 %
ØModel Bisnis Reseller
untuk bisa bergabung harus salah satu membeli produk,baru setelah itu bisa memasarkannya,hasil bisnis ini sebesar 20%-50%
ØModel Bisnis Pribadi
Menjual produk hasil karya kita sendiri, keuntungan bisa hingga 80%
ØModel Bisnis Publisher
dimana tidak menjual barang atau jasa, namun sebuah situs yang unik dan dicari banyak orang,lalu didaftarkan kesebuah perushaan periklanan/adversiting online
Model Pemasaran di Internet
- Viral Marketing
- Permission Email
- A Friedly Search Engine Web
- Mailing List dan Newsgroup
- Program Affiliate
- Iklan online
- Relasi Media
- Web Ring
Jumlah pengunjung di internet. Contoh: www.internetseer.com
a. Dynamite Link
menyediakan link yang relevan kedalam situs kita.
a.Meta Index
daftar sumber daya internet untuk orang-orang tertentu untuk suatu kepentingan. Contoh: www.google.com
a.Cybermall
pusat perbelanjaan di internet yang terkenal di dunia bisnis,bisa berisi berbagai kategori yang diminati. Contoh: www.jogjacybermall.com
Cybermall terbagi atas :
ØSpesifik Geografi
ØSpesifik Industri
ØSpesifik Produk/Jasa
ØSpesifik Demografi
a.Publikasi Media
publikasi yang di media online maupun visual, dan cetak. Contoh: www.multiply.com
Komentar
Posting Komentar