Mekanisme Pasar E-Commerce
E-MARKETPLACE
1.Pengertian E-Marketplace
2.Pertimbangan bergabung kedalam
- E-Marketplace
Komponen E-Marketspace :
-Consumer (Konsumen)
-Seller (Penjual)-lBarang (Berupa Fisik atau Digital)
-Front-End
-Mitra Bisnis (Intermediaries)
-Dukungan Pelayanan (Support Services)
-Infrastruktur
- Back End
Fungsi Utama Pemasaran :
1.Mempertemukan para pembeli (konsumen) dan para penjual (pelaku bisnis)
2. Memudahkan pertukaran informasi, barang-barang, jasa, dan pembayaran dihubungkan dengan transaksi pasar
3. Menyediakan suatu infrastruktur kelembagaan
- Supply Chain
Komponen dari Supply Chain :
-Upstream Supply Chain
-Merupakan aktifitas dari pada penyalur (pabrikan atau assemblers) dan para penyalur lainnya.
-Internal Supply Chain
-Merupakan semua proses in-house yang digunakan di dalam mentranformasi masukan yang diterima dari para supplier kedalam hasil organisasi.
Tipe dari Supply Chain :
•Membuat persediaan yang terintegrasi.
•Pengisian Ulang (Replenishment) yang berkelanjutan.
•Build To Order, merupakan model suatu perusahaan yang langsung memulai melakukan pengolahan pesanan dari pelanggan dengan seketika, ketika pesanan tersebut diterima.
•Channel Assembly, merupakan model di mana produk dirakit dengan seketika, dan langsung dipindahkan melalui saluran distribusi.
Faktor Sukses E-Market
–Harga Produk
–Ketersediaan Standar Produk
–Informasi Produk
–Intellegent System boleh menggantikan Broker
–Volume Rendah dengan margin keuntungan transaksi yang lebih tinggi
–Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
–Pembeli yang menganalisa
-Merupakan aktifitas dari pada penyalur (pabrikan atau assemblers) dan para penyalur lainnya.
-Internal Supply Chain
-Merupakan semua proses in-house yang digunakan di dalam mentranformasi masukan yang diterima dari para supplier kedalam hasil organisasi.
- Downstream Supply Chain
Tipe dari Supply Chain :
•Membuat persediaan yang terintegrasi.
•Pengisian Ulang (Replenishment) yang berkelanjutan.
•Build To Order, merupakan model suatu perusahaan yang langsung memulai melakukan pengolahan pesanan dari pelanggan dengan seketika, ketika pesanan tersebut diterima.
•Channel Assembly, merupakan model di mana produk dirakit dengan seketika, dan langsung dipindahkan melalui saluran distribusi.
Faktor Sukses E-Market
- Karakteristik Produk
–Harga Produk
–Ketersediaan Standar Produk
–Informasi Produk
- Karakteristik Industri
–Intellegent System boleh menggantikan Broker
- Karakteristik Penjual
–Volume Rendah dengan margin keuntungan transaksi yang lebih tinggi
- Karakteristik Pembeli
–Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
–Pembeli yang menganalisa
Komentar
Posting Komentar